Percayalah... Suatu saat nanti... Kita 'kan dipertemukan kembali... Bintang... :)

Selasa, 29 November 2011

Kepanikan Moral Pemuda

Saya sering mendapatkan SMS yang bertuliskan perintah untuk memforward SMS kepada 10 teman lain. Isi SMS variatif. Ada yang berisi masalah agama, ada pula informasi yang masih belum jelas kebenarannya. Disini saya tidak membahas masalah isi dari pesan yang disebarkan, melainkan efek negatif yang akan dihasilkan penyebaran SMS tersebut.

Menurut analisa saya, ada unsur kepanikan di kalangan pemuda, dan hal ini jika ditelusuri disebabkan oleh kurangnya ilmu si penyampai SMS tersebut. Sebagai contoh, SMS yang pernah heboh di tahun 2009, SMS bertema "SINAR ULTRA MERAH" yang disebarkan oleh Handphone dan dapat MEMBUNUH siapapun yang menerima SMS ini. Saya mendapatkan puluhan SMS senada. Bahkan ada yang menelpon saya, meminta untuk mematikan HP keesokan harinya. Dan yang paling bodoh, ada guru di sekolah SD menyuruh anak didiknya juga mematikan HP.

Disana otak saya mulai bermain, ketika teman saya menelpon saya. Saya termasuk cuek dengan hal tersebut. Tapi teman saya itu, terus saja berusaha meyakinkan saya. Dan saya katakan "Logika nya begini... Masa bisa sih HP menyebarkan signal yang membunuh? Kalo memang itu terjadi, ya nggak usah repot2, laporin aja providernya... Lagian, kalo memang tekhnologi itu ada, kenapa Amerika nggak nyerang IRAK pake sinar itu aja? Kenapa mesti perang yang ngabisin dana triliunan?" Mendengar itu, nggak membuahkan hasil di otak temen saya. Beliau masih saja percaya bahwa SINAR itu MEMBUNUH... Yasudahlah, pikirku.

Menjelang beberapa menit, adik saya pulang dari sekolah, dan menceritakan pesan gurunya, "BESOK, MATIKAN HP" Akhirnya saya pun turun tangan menjelaskan ke adik dengan panjang lebar hingga dia mengerti.Lantas adik saya yang masih belum sekolah, dengan keluguannya ia berujar "Masa baca sms orang bisa mati? bweeeek (Sambil memperagakan gaya orang mati), Bodoh... cukop emboooong... Ek manok ciret..."
Note:
Cukop embong = Bualan saja
Ek manok ciret = Tahi ayam diare. :p

Hal lain tentang SMS tersebut berisikan informasi bahwa Badan meteorolagi mendengar suara aungan di takengon, dan dinyatakan itu suara Dajjal. Jika tidak menyebarkan SMS ini, maka akan menderita/ sial 7 turunan/ mendapat murka/ mendapat bencana, nasib buruk, rugi, dll... Gubraaaaaaaaakkk !!! Bayangkan jika sms ini sampe jatuh ke tangan orang yang tidak mampu dan kurang ilmunya, apa nggak bakal nyolong ayam tu orang buat beli pulsa? Lalu isi SMS lainnya juga senada dengan yang di atas. Intinya penyebaran ketakukan dan kepanikan kepada orang lain. Bukankah itu kejahatan dan kebodohan? Parah... Mungkin kalo SMS yang berisi "SAMPAIKAN PESAN INI KEPADA 10 ORANG YANG ANDA SAYANGI, MAKA ANDA AKAN GOBLOK SEKALIAN, JIKA TIDAK ANDA AKAN GOBLOK SENDIRI," HAHAHA...

Ntah kenapa dengan pemuda sekarang, susah menerima yang benar dan cepat menerima yang salah, tanpa adanyausaha untuk mencari kebenarannya terlebih dahulu. Pemuda masa kini banyak yang pasif, banyak yang cuma memikirkan diri sendiri. Rendahnya kepedulian sosial. Apa ini dampak dari perkembangan tehnologi? Atau perubahan zaman yang matrealistik?

Wahai sahabat2ku, pemuda ! Ayo bangun... Ayo aktifkan dirimu yang sudah expired... Jangan pernah berhenti menuntut ilmu. Mari saling memahami... Ayo ubah pola pikir, karena kita adalah penerus bangsa !!!


B I S M I L L A A H I R R A H M A A N I R R A H I I M . . . MARI B E R S A M A B E R B A G I R A N G K A I A N C E R I T A, G O R E S A N K I S A H, K E K U A T A N A Q I D A H, DAN K E T A J A M A N P E N G E T A H U A N . . . . . "KUTITIPKAN SENYUMKU, DI SEJUTA MANIS SENYUMNYA...

Suka

Share to Facebook >>